Gunungkidul, kabarmiliter.id – Komando teritorial (koter) sangat berperan penting dalam melaksanakan pembangunan masyarakat desa, baik pembangunan infrastruktur atau pun pembangunan mental dan kerukunan antara masyarakat. Koramil (Komando Rayol Militer) yang dipimpin oleh seorang Danramil (komandan Rayon Militer) memiliki peran penting di masyarakat, di mana seorang Danramil harus dapat menjaga ke keberagaman di masyarakat dan harus mampu bekerja sinergi dengan istansi negara lainnya.

Kasdam (kepala staf daerah militer) 0730 Gunungkidul Mayor inf. Nurhadi. S mengatakan dalam sambutan acara lepas sambut Danramil 06 Kecamatan Semin, Kamis (19/09/19) di komplek Kecamatan Semin.

Komunikasi di antara Muspika harus terus terjalin, Karna permasalahan yang ada di masyarakat tingkatan desa ini rentan konflik horizontal, bila tidak cepat di selesaikan akan menimbulkan disintegrasi.

“Pentingnya komando teritorial atau koter ini guna menjaga atau menjalin komunikasi yang baik di antara masyarakat, sehingga masyarakat bisa menahan diri bila ada konflik, Alhamdulillah Semin khususnya dan Gunungkidul masyarakat bisa bersatu padu dengan aparat nya, baik itu polisi, tentara atau pun pemerintah desa dan Kecamatan, sehingga semua permasalahan dapat di selesaikan dengan “mbak mie” artinya kita bicara serius dengan suasana keakraban dan dengan penuh persaudaraan,” katanya.

Nurhadi juga mengatakan pemindah tugaskan di tubuh TNI sesuatu yang biasa saja guna penyegaran organisasi di dalam TNI khususnya Koramil.

“Rotasi ini hal biasa di TNI, guna penyegaran organisasi, sehingga pelayanan pada masyarakat terus terbarukan dan dengan pergantian Danramil baru ada sentuhan dan inovasi baru dalam bidang pembangunan di masyarakat,” katanya.

Di singgung mengenai perhelatan Pilkades serentak Nurhadi menjelaskan bahwa TNI netral, namun dalam tugasnya tetap mendukung aparat kepolisian, Karena dalam Pilkades konflik horizontal di masyarakat sangat keras sehingga polisi, tentara, pemerintah desa, dan kecamatan harus terus bersama dalam kerangka menjaga masyarakat agar tidak dapat di pecah belah oleh kepentingan pihak luar yang tidak dapat di pertanggung jawabkan.
(WAP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here