SOLSEL, kabarmiliter.id – Pemukulan Gong oleh Komandan Korem 032 Wirabraja Brigadir Jendral TNI Kunto Arief Wibowo di Lapangan bola Bidar Alam, Rabu (2/10) menandai telah dibukanya secara resmi pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke-106 di daerah Solok Selatan Sumatera Barat.

TMMD ini akan berlangsung sejak 2 Oktober sampai dengan 31 Oktober 2019 yang akan datang. Kegiatan tersebut di pusatkan di Nagari Bidar Alam dan Nagari Padang Limau Sundai Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat.

Gubernur Provinsi Sumbar H. Irwan Prayitno dalam pidato sambutannya yang dibacakan oleh Bupati Solok Selatan H. Muzni Zakaria, menyambut baik dan menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada TNI atas pelaksanaan TMMD tersebut. TNI sebagai salah satu komponen Bangsa yang berdasarkan Undang-Undang no 34 tahun 2004 menjalankan fungsinya untuk melaksanakan tugas Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Tugas TNI sebagai OMSP tersebut diantaranya adalah memberdayakan wilayah-wilayah pertahanan dan kekuatan-kekuatan pendukungnya, yang salah satunya diimplementasikan dalam bentuk TMMD, kegiatan ini merupakan wujud dari keterpaduan, kebersamaan antara TNI dan Pemerintah dalam membangun daerah yang salah satunya adalah melaksanakan program pemberdayaan masyarakat melalui TMMD dengan melaksanakan pembangunan baik secara fisik maupun nonfisik. kegiatan ini secara rutin dilaksanakan di setiap tahunnya di berbagai daerah.

Dengan adanya TMMD, telah memberikan bukti secara nyata, sangat membantu pemerintah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah, menopang peningkatan kesejahteraan di tengah masyarakat dan memantapkan wawasan kebangsaan di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

Kegiatan TMMD ini menjadi momentum yang berharga dan berimplikasi positif. Sehingga diharapkan pelaksanaan kegiatan TMMD ini bisa mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan Tema-nya “Melalui TMMD/N kita wujudkan percepatan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat. Ucap H.Muzni

Sementara itu Brigjend Kunto Arief Wibowo memberikan pesan kepada seluruh anggota personil yang terlibat dan bertugas dalam kegiatan TMMD ke 106 tersebut agar bisa menjaga kesehatan, bisa menjaga dan me-manage waktu untuk mencapai progres, batas dan juga sasaran-sasaran yang sudah ditentukan.
“Kita harus yakin, bahwa dengan kegiatan pembangunan melalui program TMMD ini, tidak ada lagi pandangan yang negatif, pembangunan ya pembangunan”. Harapnya

Terakhir dipesankannya, “Syukur-syukur kita bisa menengahi dan bisa mempersatukan dengan keadaan sekarang, tidak terbawa hasutan dengan banyaknya berita-berita yang mungkin simpang siur dengan berbagai kepentingan egois. Utamakan dulu untuk keselamatan bangsa, kita ajak yang lain untuk bersama”. Ucap Danrem

Ditempat yang sama, Komandan Kodim 0309 Solok Letkol ARH Priyo Iswahyudi mengatakan, padaTMMD ke 106 ini pihaknya menurunkan 122 orang Prajurit TNI, dibantu polri 10 orang dan penyuluh.

Dia mengatakan, sasaran fisik yang dilaksanakan selama TMMD yaitu pembukaan jalan baru sepanjang enam kilometer dengan lebar empat meter serta pengerasan jalan dua kilometer.

Selain itu juga ada pemasangan gorong-gorong di 11 titik yang dilaksanakan selama satu bulan ke depan.

Sedangkan dari segi non fisik katanya, pihaknya melakukan penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, penyuluhan kesehatan, sosialisasi pendidikan, khamtibmas, bahaya narkoba dan KDRT.

Turut hadir dalam pembukaan TMMD ke 106 tersebut, Ibu Ketua PERSIT Korem 032, Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda, FORKOPIMDA Solsel, Jajaran Kepolisian, Jajaran Kejaksaan, Kepala-Kepala OPD di lingkungan Pemkab Solsel, Camat dan Wali Nagari se-Solok Selatan, Kasi Korem 032, Para Dandim, Alim Ulama, Ninik Mamak, Bundo Kanduang dan Tokoh Masyarakat Solok Selatan.(Zaki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here