MANADO, kabarmiliter.id – Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis didampingi para Pejabat Utama Mabes Polri dan Mabes TNI meninjau langsung Pospam (Pos Pengamanan) Nataru (Natal dan Tahun Baru) di Jalan Sam Ratulangi, Manado, Senin (23/12/2019) pagi.

Hal ini dilakukan Kapolri dan Panglima TNI sesaat usai mengecek kesiapan pengamanan di Gereja Katolik Hati Tersuci Maria Katedral Manado dan Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Jemaat Paulus.

Tiba di Pospam, Panglima TNI dan Kapolri berjabat tangan dengan seluruh personel yang terdiri dari TNI, Polri, Dinas Kesehatan, Jasa Raharja dan instansi terkait lainnya.

Kapolri dan Panglima TNI kemudian berdialog dengan para personel, termasuk mengecek peralatan pendukung serta panel data yang terpampang di Pospam tersebut.

Dalam sesi wawancara dengan para awak media, Hadi Tjahjanto mengatakan, kunjungan ini sekaligus untuk memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh personel yang bertugas di lapangan.

“Supaya (personel) melaksanakan tugas pengamanan ini dengan humanis, kemudian ikuti SOP dan Protap yang ada,” ujarnya didampingi Kapolri, di Pospam setempat.

Sesuai hasil pengecekan di dua gereja tersebut, lanjut Panglima TNI, semuanya telah siap untuk melaksanakan ibadah Natal.

“Hal ini karena adanya jaminan rasa aman dari aparat keamanan TNI maupun Polri, termasuk adalah Pospamnya ini juga dekat dengan gereja,” jelasnya.

Panglima juga mengapresiasi pihak Dinas Kesehatan yang turut menyediakan Unit Reaksi Cepat, Mini ICU dan Emergency Unit di Pospam Samrat ini.

“Sehingga apabila ada jemaat maupun masyarakat yang mungkin mengalami gangguan kesehatan, bisa langsung diobati,” kata Hadi.

Menurut Panglima TNI, kesiapan Pospam ini semata-mata hanya untuk melayani masyarakat supaya beribadah dengan tenang.

“Bukan hanya rasa aman terhadap ancaman keamanan, tapi fasilitas kesehatan itu juga kita siapkan,” tuturnya.

Ditegaskan Panglima TNI, TNI-Polri selalu bersinergi dalam memberikan keamanan bagi masyarakat.

“Kalau TNI-Polri bersatu, bekerjasama dan dibantu oleh komponen masyarakat, jelas jaminan rasa aman akan tercipta,” pungkas Panglima TNI.

Turut mendampingi Kapolri dan Panglima TNI, yakni Forkopimda Sulut, di antaranya Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, Kapolda Sulut, Irjen Pol R. Sigid Tri Hardjanto dan Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Tiopan Aritonang.

Sementara itu Kapolda Sulut melalui Kabid Humas, Kombes Pol Jules Abraham Abast menjelaskan, usai peninjauan Pospam ini, rangkaian kunjungan kerja Kapolri dan Panglima TNI di Sulut telah selesai. “Selanjutnya Kapolri dan Panglima TNI beserta rombongan menuju Bandara Sam Ratulangi untuk kembali ke Jakarta,” tutupnya. (Handry/Sevry).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here