TONDANO, kabarmiliter.id – Komando Distrik Militer 1302/Minahasa yang di komandani Letnan Kolonel Inf Slamet Raharjo S.Sos, M.Si, saat ini terus mengembangkan kreaktivitas dalam pemanfaatan eceng gondok.

Tumbuhan tersebut selain telah berhasil dibuat menjadi biogas dapat pula diolah beraneka ragam kerajinan tangan, antara lain kursi.

Hal ini terlihat dengan antusiasnya para personil Kodim 1302/Minahasa saat mengikuti pelatihan yang digelar Selasa (17/3/2020) di Asrama Kodim Jalan Bakti Abri Kelurahan Wawalintoan lingkungan-5 Kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa.

Letkol Inf Slamet Raharjo mengatakan, guna meningkatkan perekonomian masyarakat Minahasa pihaknya akan melakukan berbagai upaya. “Untuk mengedukasi masyarakat agar bisa memanfaatkan eceng gondok menjadi sesuatu yang berguna, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memanfaatkan eceng gondok yang tumbuh liar di Danau Tondano. Ungkapnya.

“Hari ini bisa kita lihat, peserta pelatihan berhasil membuat perabot rumah tangga yaitu kursi, ini adalah merupakan bukti keseriuasan para peserta pelatihan agar mereka bisa berinovasi. Saya berharap masyarakat Minahasa bisa melihat dan bisa belajar membuat eceng gondok ini menjadi sesuatu yang berguna,” harap Dandim. (Handry).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here