SULUT, kabarmiliter.id – Angkatan Udara Tentara Nasional Indonesia, Sabtu (11/4/2020) kembali mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD) bantuan pemerintah pusat untuk Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Gorontalo.

Sebanyak 3.000 APD serta 4.000 masker tiba di Lanud Sam Ratulangi dengan menggunakan pesawat milik TNI AU dari Skadron Udara 33 Makassar jenis Hercules C-130 tail number A-1330, yang dipiloti Mayor Pnb Yayan bersama 14 crew lainnya.

‚ÄúSudah merupakan Komitmen TNI, TNI Angkatan Udara untuk memanfaatkan alutsista yang dimiliki untuk mendukung pemerintah dalam penanggulangan Covid-19. TNI AU memiliki beberapa pesawat angkut, namun pesawat Hercules yang kapasitas dan daya angkutnya cukup besar untuk mengangkut dan mendistribusikan alat-alat kesehatan keseluruh daerah di Indonesia.” Ungkap Komandan Lantamal Udara Sam Ratulangi, Kolonel Pnb Johnny Sumaryana, SE.

“Ini sudah yang ketiga kali. Sebelumnya juga telah kita lakukan pendistribusian alat kesehatan APD dan masker.” Imbuhnya.

Johnny Sumaryana menambahkan, dalam proses bongkar muat alkes ini tetap dilaksanakan sesuai prosedur kesehatan. Yaitu dengan melakukan pengecekan suhu tubuh kepada seluruh crew maupun penyemprotan cairan disinfektan untuk semua barang yang diturunkan dari pesawat oleh Rumah Sakit Lanud Sam Ratulangi bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuan kelas II Manado.

Informasi yang dihimpun, penanda tanganan berita acara serah terima barang dari Danlanudsri kepada Kadis Kesehatan Sulut tersebut turut disaksikan Kepala BPBD Sulut, Kakes Kodam XIII Merdeka, Kasiops Korem 131 Santiago, Kadisops Lanudsri.

Sebelumnya Jumat (10/4/2020) sebanyak 40 koli sekitar 2.000 Alat Pelindung Diri (APD) dan 2 koli sekitar 5.000 masker bantuan pemerintah pusat juga, telah tiba di Bandara Djalaludin Gorontalo. Alkes ini diangkut dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta, menggunakan pesawat TNI AU Hercules C-130 A-1315 dengan Captain Pilot Mayor Pnb Pratama Ivandi bersama 14 awak.

Usai dilakukan sterilisasi sesuai prosedur kesehatan, APD dan masker diserahkan Danlanudsri melalui kepala perwakilan Pos Djalaludin, Kapten Lek Achmad Tojali. Selanjutnya diteruskan kepada Gugus Tugas Covid- 19 Pemprov Gorontalo.

Dapat dikabarkan pula, pada penyerahan itu ikut saksikan oleh Pasiops Korem 133 Nani Wartabone, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Gorontalo, perwakilan Lanal Gorontalo dan perwakilan dari Polda Gorontalo. (Handry).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here