Jawa Barat, kabarmiliter.id – Tentara Nasional Indonesia, memang tak bisa dipisahkan dengan rakyat Indonesia. Melihat sejarah TNI lahir dari rakyat sehingga Panglima Besar Jenderal Soedirman kala itu berpesan kepada TNI agar jangan pernah menyakiti hati rakyat.

Dalam masa mengatasi pandemi covid-19. Tak hanya kesehatan, ekonomi pun menjadi terdampak karena masyarakat harus memulai kebiasaan baru dalam upaya memutus penyebaran wabah.

Belum lama ini Tentara Nasional Indonesia yang tergabung dalam Parikesit, sebuah wadah perkumpulan para perwira TNI akademi militer lulusan tahun 2000 melakukan aksi nyata kepada masyarakat dengan melakukan kegiatan membagikan paket sembako.

Perwira Dua Ribu Kesatria Tidar (Parikesit) ini memulai kegiatan dari komplek Yonbekang-1/1/Kostrad, di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (22/5/2020).

Sebanyak 5900 paket sembako di bagikan Parikesit untuk masyarakat miskin dan berdampak Covid-19 di wilayah Bogor dan Cianjur, Jawa Barat. Hal ini di sampaikan Salah satu alumni Akmil 2000 Letkol Inf Honi Havana saat di temui awak media.

“Sebanyak 5900 paket sembako kami bagikan kepada masyarakat yang kurang mampu yang pendistribusiannya secara tersebar, dengan harapan dapat meringankan beban saudara-saudara kita tersebut dalam menghadapi dampak penyebaran wabah Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona. Kami tergugah melihat kesulitan masyarakat yang tengah berjuang untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan mereka sekeluarga selama adanya wabah ini. Semoga bantuan ini bermanfaat dan bisa sedikit meringankan beban saudara-saudara kita, apalagi saat ini dalam suasana Ramadhan menjelang Hari Raya Idul Fitri.” jelas Honi Havana.

Dalam kegiatan Parikesit kali ini yang bertemakan Parikesit Akmil 2000 Peduli dan Berbagi Bersama Melawan Covid-19. Pembagian paket sembako untuk wilayah Bogor, Jawa barat di dukung pula oleh kekuatan dengan unsur-unsur satuan TNI setempat, antara lain para Babinsa jajaran Kodim 0621/Bogor, anggota Yonbekang-1/1/Kostrad, Regu Pengawal Yon Pomad, dan beberapa anggota Denpom Bogor.

Tak mau ketinggalan para istri alumni Akmil 2000 yang tergabung dalam Parikesit wife, yang juga ikut turun langsung ke lapangan untuk menyerahkan 100 paket bantuan kepada masyarakat sebagai wujud empati terhadap mereka yang terkena dampak wabah Covid-19.

“Kami ingin berbagi sebagai bentuk kepedulian dan empati kami pada masyarakat. Mereka semua adalah saudara-saudara kami dan kami adalah bagian dari mereka juga,” komentar singkat dari Sri Wahyuni salah satu Parikesit wife yang merupakan istri dari Letkol Inf Sukur Hermanto.

Sementara itu Warga mengaku senang dan berterimakasih atas perhatian dan pemberian bantuan tersebut. Salah satunya Hanifah (39) warga RT 03/RW 03 Kelurahan Cibinong, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor yang turut menerima bantuan itu.

“Saya merasa senang dan sangat terharu, di saat kami sedang kesusahan seperti ini masih ada perhatian dari bapak-bapak Perwira TNI kepada kami. Tentunya kami sangat terbantu dan mengucapkan terimakasih banyak, semoga nanti Allah yang membalasnya,” ungkap Hanifah.

Kegiatan selanjutnya di tutup dengan evaluasi kegiatan yang di pandu oleh ketua panitia Letkol Czi Rielman Yudha.

“Kita berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan di masa-masa mendatang sesuai dengan kemampuan kita. Inilah wujud bakti kita, alumni Akmil 2000 kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Kita berdoa semoga wabah Covid-19 ini dapat segera diatasi,” tutup Letkol Czi Rielman Yudha.

Selain kegiatan yang diselenggarakan di wilayah Jawa Barat, alumni Akmil 2000 yang bertugas di seluruh Indonesia juga melaksanakan kegiatan pemberian bantuan paket sembako dan santunan kepada masyarakat di sekitar tempat tugasnya masing-masing. Pelaksanaannya secara serentak, sebagai bentuk kekompakan para Perwira Kesatria Tidar lulusan Akmil tahun 2000 dalam membantu mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya.
(WAP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here