SULUT, kabarmiliter.id – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi (Forkopimda) Sulawesi Utara, Selasa (26/5/2020) kembali menyerahkan bantuan berupa sembako kepada masyarakat. Bantuan sosial kali ini dibagikan di empat pulau, yakni Pulau Gangga, Pulau Talisesi, Pulau Kinabuhutan dan Pulau Bangka.

Hadir dalam rombongan diantaranya, Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven O. E. Kandouw, Kapolda Sulut, Irjen Pol Royke Lumowa, Pangdam/XIII Merdeka, Mayjen TNI. Santos G. Matondang, Danlanud Sam Ratulangi, Kolonel Pnb Johnny Sumaryana, Danlantamal VIII Manado, Brigjen TNI (Mar) Donar Philip Rompas, Kajati A. Iqbal Arief serta Ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw.

Kapendam XIII/Mdk Kolonel Kav M. Jaelani mengatakan, kegiatan tersebut adalah lanjutan dari yang sebelumnya telah dilaksanakan dibeberapa lokasi lain. “Sinergitas pemerintah daerah dan Forkopimda, merupakan implementasi dari perintah Panglima TNI dalam hal membantu dan meringankan kebutuhan bagi masyarakat yang terdampak Covid- 19. Jajaran Kodam XIII/Merdeka akan terus mendukung kinerja dari Gugus tugas Percepatan penanganan Covid-19 di wilayah Provinsi Sulut, Sulteng dan Gorontalo,” jelasnya.

Adapun jumlah bantuan yang dibagikan yakni sebanyak 2.768 paket sembako, yang masing-masing yaitu 745 paket di Pulau Gangga, 745 paket di Pulau Talise, 353 paket di Pulau Kinabuhutan dan 925 paket di Pulau Bangka. Selanjutkan akan diteruskan secara door to door ke rumah-rumah warga, agar proses penyalurannya akurat sekaligus efektif mencegah kerumunan orang dalam rangka menerapkan physical distancing.

“Bantuan dari Pemprov bersama unsur Forkopimda di Sulut ini sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang terdampak wabah pendemi Covid- 19, sekaligus untuk membantu meringankan beban yang dialami masyarakat khususnya yang berada di wilayah pulau-pulau di Sulawesi Utara,” sebut Kapendam.

Dapat dikabarkan pula, Rabu (27/5/2020) Ketua Dharma Pertiwi Daerah, Eva Santos G Matondang dan seluruh pengurus beserta aggota menggelar bakti sosial kesehatan berupa rapid test maupun pemberian Vitamin gratis di seputaran pasar Bersehati Manado.

Menurut Kepala Penerangan Kodam XIII/Merdeka, aksi kemanusiaan itu merupakan bentuk kepedulian organisasi Dharma Pertiwi beserta OASE kepada masyarakat yang beraktivitas di sekitar pasar dalam rangka memerangi sekaligus guna menekan angka penyebaran wabah virus Corona. “Ini adalah salah satu upaya dari organisasi Dharma Pertiwi Daerah M dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19. Harapan kami dengan adanya kegiatan ini para pelaku ekonomi yang ada di pasar dapat mengetahui langsung kesehatan diri mereka masing-masing.” beber Kapendam.

Lebih lanjut Kolonel Kav M. Jaelani memaparkan, bakti kesehatan inipun dimaksudkan agar dapat memantau secara langsung para pedagang sehingga tidak muncul lagi cluster baru yang disebabkan oleh kegiatan jual beli di pasar. (Handry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here