Foto: Komandan Kodim 0730 Letkol Inf Noopy Laksana Armyanto S.H

GUNUNGKIDUL, kabarmiliter.id – Mengamati kondisi paska covid-19 dan terganggunya pasokan pangan nasional, seperti yang telah di intruksikan presiden Joko Widodo agar setiap daerah memperhatikan pasokan pangan dalam rangka menuju kemandirian pangan.

Komando Distrik Militer (Kodim) 0730 Gunungkidul bersinergi dengan masyarakat Gunungkidul melakukan penanaman padi jenis mapan 05 dengan cara tanam tajarwo 4:1 di area 1 hektar sawah demplot yang terletak di belakang Koramil 01 Wonosari, kecamatan Wonosari, Rabu (10/6/2020).

Komandan Kodim 0730 Letkol Inf Noopy Laksana Armyanto S.H mengatakan, kegiatan di lakukan dalam rangka pelaksanaan serbuan teritorial Kodim 0730.

“Kegiatan ini kami adakan selain memberikan semangat kepada para petani di Gunungkidul, juga dalam rangka serbuan teritorial Kodim 0730, dan juga sebagai pelaksana perintah bapak presiden RI Joko Widodo dalam menguatkan ketahanan pangan di daerah,” ungkap Dandim Gunungkidul.

Dandim Noopy juga menegaskan dengan kegiatan seperti ini juga dapat mempererat hubungan sinergitas antara TNI dan masyarakat.

“Kami berasal dari rakyat akan bekerja untuk rakyat dan melindungi rakyat,” tegas Noopy.

Ia pun menambahkan kegiatan penanaman ini pun guna mengantisipasi masuknya masa kemarau yang telah di prediksi pada bulan September mendatang.

“Kita semua tau Gunungkidul ini adalah daerah tadah hujan, sehingga pada saat kita masih mendapati hujan di bulan ini maka kita memberikan semangat kepada petani agar tidak menyia-nyiakan hujan, dan segera menanam jenis tanaman pangan apa pun guna mengantisipasi musim kemarau,” imbuhnya.

Sebelumnya komandan Kodim 0730 Gunungkidul juga sedang melakukan pencarian dan mengeksplorasian sungai-sungai bawah tanah yang banyak terdapat di wilayah kabupaten Gunungkidul.

Dalam kaitannya dengan pencegahan covid-19 ini, Kodim 0730 beserta jajaran telah melakukan kegiatan penyemprotan dan membagikan sembako kepada masyarakat Gunungkidul.

(WAP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here