LIMAPULUH KOTA, kabarmiliter.id – Sebanyak 4 prajurit terbaik dan pilihan Komando Distrik Militer 0306/50 Kota dikirim ke wilayah timur Indonesia. Keempat prajurit tersebut nantinya akan bergabung bersama Satuan Tugas Aparat Teritorial sebagai cikal bakal terbentuknya Kodim diwilayah timur Indonesia itu.

Keempat prajurit itu, yakni Lettu Inf Silsuandi, Sertu Seven Loviansyah, Serda Adendi dan Serda Dedi Supardi. Keempatnya tersebut, dilepas langsung oleh Komandan Distrik Militer 0306/50 Kota Letnan Kolonel Kav Ferry Lahe pada Senin (22/6) sore di Makodim 0306/50 Kota.
Saat pelepasan, turut hadir Kasdim Mayor Czi Manat Sianturi, Pasintel Kapten Inf Kusmianto, Pasiops Kapten Inf Pardani, Pasipers Lettu Czi Slamet, Pasiter Kapten Inf M effendi dan Pasilog Kapten Inf Matril serta sejumlah Danramil lainnya.

Diterangkan Letkol Kav Ferry Lahe, keempat prajuritnya tersebut bergabung bersama satgas Korem 032/Wbr dan bertugas selama 1 tahun di wilayah timur Indonesia. “Mereka bertugas diteritorial Raja Ampat, Sorong Selatan, Almahera dan Paniai. Keempat daerah itu, masuk ke kawasan Jayapura, Papua dan Maluku,”terang Letkol Kav Ferry Lahe.

Kemudian, katanya, keempat prajurit tersebut ditugaskan didaerah jauh diperkampungan, kawasan pelosok untuk membantu masyarakat dalam kesulitan. Selama disana, katanya, prajuritnya itu akan menetap bersama warga disana. “Kehadiran prajurit yang bergabung bersama Satgas Apter untuk membantu masyarakat di kawasan pedalam sana. Ini juga sebagai bentuk untuk cikal bakal berdirinya Koramil ataupun Kodim diteritorial setempat,”terang Letkol Kav Ferry Lahe.

Kemudian, perwira dua melati itu mengingatkan kepada keempat prajutir agar selalu menyesuaikan diri dengan daerah yang ditugaskan dan mempelajari geografis, demografi, kondisi sosial masyarakat. “Pelajari Geodemokomos. Ini penting. Apa itu, yakni geografis, demografi, kondisi sosial masyarakat. Jaga nama baik kesatuan Kodim 0306/50 Kota, Korem 032/Wbr,”tegas Dandim.

Letkol Kav Ferry Lahe juga mengatakan, pengiriman prajurit sebagai anggota Satgas Apter itu, baru pertama kali dilakukan Kodim 0306/50 Kota dibawah komandonya itu. “Prajurit disana, tetap waspada, jaga diri dan jaga kesehatan. Ini pertama kali dilakukan Kodim 0306/50 Kota,”terangnya lagi.

Dandim juga mengingatkan kepada istri prajurit yang tergabung dalam Satgas Apter itu, untuk tetap tenang dikesatuan atau rumah masing-masing. “Kepada ibu-ibu persit, tidak ada perijinan keluar daerah jika tidak ada keperluan. Apabila memang penting, harus minta izin,”tegas Letkol Kav Ferry Lahe. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here