JAKARTA, kabarmiliter.id – Lantamal III Jakarta melakukan kegiatan evakuasi pemulangan Anak Buah Kapal (ABK) kapal pesiar MV Zuiderdam sebanyak 103 orang yang sebelumnya melakukan perjalanan dari Manila ke Singapura.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Komandan Lantamal III Jakarta, Brigjen TNI (Mar) Hermanto SE.MM selaku Dansatgas yang dilakukan di Dermaga JICT II,Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (15/07/2020).

“Hari ini telah dilakukan evakuasi ABK kapal pesiar MV Zuiderdam sebanyak 103 orang, dan akan dilakukan pemeriksaan Swab Test oleh tim medis kepada mereka. Kemudian akan dilakukan isolasi hingga hasil tes keluar, dan jika hasilnya negatif maka akan diperbolehkan pulang ke kampung halamannya” papar Dansatgas Brigjen Hermanto.

BACA JUGA :  Lantamal III Bangun Rumah Sakit Darurat Covid-19

Para ABK terdiri dari 101 pria dan 2 orang wanita ini dibawa ke Dermaga JICT II Tanjung Priok dengan tenderboat dengan pengawasan dan pengamanan oleh Tim raider Kopaska Koarmada I dan Satuan Patroli Lantamal III.

BACA JUGA :  Ketua Umum Jalasenastri Serahkan APD Kepada Unsur KRI Koarmada I

Saat sampai di Dermaga, para ABK ini disambut oleh Satuan tugas evakuasi untuk dilaksanakan penanganan prosedur kesehatan dan diberikan pengarahan tentang peraturan penanganan kesehatan Covid-19.

Usai mendapatkan pengarahan, kepada para ABK dilakukan penyemprotan disinfektan tubuh dan barang bawaannya, serta pemeriksaan X-Ray dari Tim Bea Cukai dan juga pemeriksaan oleh K-9/Anjing Pelacak Pom Lantamal III.

Setelah tahap kegiatan penyemprotan desinfektan, pengecekan suhu tubuh dan pemeriksaan barang bawaan tersebut, selanjutnya para ABK diarahkan naik bus menuju penginapan yang telah disiapkan untuk selanjutnya akan dilakukan Swab Test (PCR) oleh Tim Medis Satgas Covid-19 dari KKP yang telah bersiaga di penginapan yang nantinya setiap 1 orang ABK masing-masing akan ditempatkan dalam 1 kamar terpisah sebagai bagian proses isolasi.

BACA JUGA :  Hello world!

Kegiatan evakuasi ini juga melibatkan Polres Pelabuhan Tanjung Priok, KKP, Syahbandar, KSOP, Imigrasi, Bea cukai dan Pihak Agen Kapal/Principal serta tim medis.

(Doni Harima)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here