ALOR, kabarmiliter.id – Kepala Seksi Perencanaan (Kasiren) Korem 161/Wirasakti Kolonel.Arh Rudi Ragil Sang Putra,S.sos memimpin pelaksanaan Simulasi Tanggap Bencana yang digelar di Aula Kantor Komandan Distrik Militer (Kodim) 1622/Alor pada Rabu pagi (15/07/2020).

Kegiatan Simulasi Tanggap Bencana ini merupakan kegiatan rutin empat tahunan yang diselenggarakan Korem 161/Wirasakti, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Dalam pelaksanaan skema simulasi, para Koramil maupun Babinsa ditugaskan sebagai Kodim mewakili wilayah masing-masing di Nusa Tenggara Timur.

BACA JUGA :  Persit Cabang LXXIV 0319 Mentawai Lakukan Anjangsana

Pada kesempatan tersebut Kasiren Korem menyatakan bahwa kegiatan simulasi yang dilaksanakan oleh Korem 161/Wirasakti ini untuk melatih para anggota Kodim apabila terjadi bencana. Dan latihan posko tanpa pasukan ini akan dilakukan secara bergilir.

” Dengan simulasi seperti ini kita berharap mampu memberi dampak koordinasi yang baik antara staf-staf Kodim maupun Komandan Kodim dalam rangka penanganan bencana, juga kerjasama antara pemerintah Daerah, BPBD, PMI,Kepolisian dan instansi-instansi terkait lainnya sehingga dapat dipraktekkan melalui jalur komunikasi yang baik dalam mengurangi dampak bencana” paparnya.

BACA JUGA :  Danramil 06/Semin Pimpin Upacara Kesaktian Pancasila

Kasiren juga berharap output dari kegiatan ini dapat menciptakan kesiapan dalam membantu Pemerintah Daerah dari segi personel dan materil, apabila dibutuhkan, terutama dalam penanganan bencana alam di wilayah Nusa Tenggara Timur yang merupakan tanggung jawab Korem 161/Wirasakti.

BACA JUGA :  Kodim 1012 Buntok Gelar Komsos dan Pelatihan Pendisplinan Protokol Kesehatan

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Komandan Kodim 1622/Alor Letkol Inf Sufyan Munawar S.Ag, Kasi Intel, Kasi Ops, para Koramil dan Babinsa se Kabupaten Alor.

(Anis)

Editor: Doni Harima

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here