oleh

Program TNI Manunggal Bangun Akses Transportasi dan Rehab Rumah

Mentawai, Kabarmiliter.id – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 tahun 2021 Provinsi Sumatera Barat, menetapkan Desa Bukit Pamewa, Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Nagari Silabu, Kabupaten Padang Pariaman sebagai daerah manunggal TNI bersama rakyat. Penetapan ini berdasarkan pertimbangan bahwa daerah tersebut sangat membutuhkan akses transportasi serta fasilitas lainnya. Termasuk masih banyak terdapat rumah penduduk yang tidak layak huni.

Hal ini diungkapkan dalam Rapat Koordinasi TMMD ke-110 tahun 2021 Provinsi Sumatera Barat di Aula Kantor Gubernur, Selasa (02/02/2021).
Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai menganggarkan dana Rp 2 milyar untuk pembukaan lahan dan pembangunan jalan sepanjang 5 km dengan lebar 10 m serta pembuatan parit dengan lebar 1 meter pada kanan dan kiri jalan. Dalam manunggal ini juga rehab rumah tidak layak huni dan rehab rumah ibadah.(sumber: sumbarprov.go.id)

Melalui Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa, Kodim 0319/Mentawai melaksanakan program bedah rumah msyarakat yang tidak layak huni di Desa Bukit pamewa, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Sebelumnya saat Pra TMMD, anggota Satgas fokus menggarap sasaran fisik TMM, termasuk Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Dalam hal ini TNI bergotong-royong bersama masyarakat.

Tahap awal, pembongkaran rumah milik Marjuki, di Desa bukit pamewa yang merupakan salah satu dari 5 unit rumah yang akan di rehab oleh Satgas TMMD.

”Sebelumnya kita sudah mensurvey beberapa rumah di desa ini dan memang banyak rumah yang kurang layak huni seperti halnya rumah milik Marjuki ini, namun dari sekian banyak, hanya 5 unit rumah yang akan kita rehab melalui kegiatan TMMD Kodim 0319/Mentawai ini,” ungkap Pasiter Kodim 0319/Mentawai, Letda (Inf) James Sibarani.

Lebih lanjut, Letda James Sibarani juga menyampaikan tujuan dari pembongkaran dan rehab rumah tidak layak huni ini merupakan upaya peningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat yang menjadi sasaran TMMD.

“Masyarakat menyambut baik serta menyatakan kesediaannya untuk membantu kegiatan ini dan menjadi semangat serta kekuatan bagi anggota Satgas TMMD untuk bekerja lebih maksimal,” ujarnya kemudian.

TMMD merupakan wujud kepedulian TNI AD kepada masyarakat agar kehidupannya lebih baik dan layak, dengan harapan lebih bangga dan cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. (JJ)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed