oleh

Tentang Pengeroyokan Anggota Kopassus di Cafe Obama, Jenderal Andika: Kami Harus Jujur

Jenderal Andika Perkasa

JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa, turut menanggapi soal insiden pengeroyokan yang mengakibatkan satu anggota Koppasus mengalami luka dan seorang anggota Brimob tewas seketika di Kafe Obama, Jalan Falatehan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

KSAD Andika mengungkapkan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Polda Metro Jaya terkait seluk beluk masalah yang menimpa aparat tersebut.

Kendati demikian, secara internal TNI AD juga tetap melakukan pendalaman terkait keberadaan sang prajurit Kopassus di lokasi kejadian. Pihaknya ingin mengetahui, apa penyebab dan latar belakang seorang anggota Kopassus berada di lokasi tersebut.

“Tetapi secara internal kami terus mendalami, karena mereka berada di situ ngapain?” ujar Andika di Markas Polisi Militer Kodam Jaya, Jakarta Selatan, mengutip laporan Suara (Jaringan Hops) pada Selasa, 20 April 2021.

Pria yang merupakan mantan Pangkostrad itu menegaskan bahawa pihaknya harus objektif dalam melihat insiden pengeroyokan tersebut.

Namun yang justru Andika herankan dan pertanyakan ialah soal keberadaan dan tujuan sang prajurit yang berada di lokasi tersebut. Terlebih, dia berada di tempat tersebut dalam jam yang tidak wajar.

“Kita harus objektif, apa yang menjadi peran tindak pidana orang lain harua diproses. Kami tetap kawal terus bagaimana penananganannya. Tapi di sisi lain juga, kami harus jujur prajurit kami ngapain di situ? kok berada di situ, ngapain dan itu yang sedang kami dalami,” kata KSAD Andika.

Meski kronologis dan penyebab kejadian masih abu-abu, KSAD Andika mengungkapkan bahwa jajaran TNI AD akan tetap mengawal kasus ini hingga penyebab utamanya terungkap.

Bahkan khusus soal peristiwa ini, pihaknya bakal menggandeng beberapa staf di TNI AD, di antaranya Pangdam Jaya hingga Komandan Pusat Polisi Militer TNI AD.

“Intinya proses dikawal mulai dari Komandan Pusat Polisi Militer, Asisten Intelejen KSAD, Dirkumad, kemudian yang di bawah ditangani langsung oleh Pangdam Jaya. Kami akan cari sejelas-jelasnya apa yang terjadi,” ungkap KSAD Andika.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Polda Metro Jaya sedang melakukan penelusuran adanya dugaan keterlibatan oknum dibalik kasus penusukan anggota Brimob dan penganiayaan anggota Kopassus di Kafe Obama, Jalan Falatehan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan dugaan keterlibatan oknum tersebut nantinya akan didalami oleh masing-masing asal kesatuannya.

“Oknum-oknum semua yang terlibat di sini ini akan dilakukan pendalaman oleh masing-masing kesatuannya,” ungkap Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, pada Senin, 19 April 2021. ***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed