oleh

Dandim 1604/Kupang Pimpin Karbak Cegah Banjir dan Wabah Penyakit

Kabarmiliter.id  – Kupang,  Pada hari Jumat tanggal 08 Desember 2023, bertempat di Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Kodim 1604/Kupang melaksanakan kegiatan Karya Bakti (Karbak) guna mengantisipasi terjadinya Bencana Banjir dan Munculnya Wabah Penyakit.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Dandim 1604/Kupang, Kolonel Inf Wiwit Jalu Wibowo, diikuti oleh personil TNI Jajaran Korem 161/WS, Kodim 1604/ Kupang, Brigif 21/Komodo, Yonif 743/PSY, Yon Armed 20/BY, Yon Arhanud 9/AWJ, Sat Brimobda Polda NTT, Polsek Kelapa Lima, ASN Pemda Kota Kupang, Persit KCK Cab. XV Kodim 1604/Kupang, HIPAKAD, Mahasiswa, Siswa SMK Pelayaran Kota Kupang, dan masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kasrem 161/WS Kolonol Cpl Simon Petrus Kamlasi, Kasi Ter Kasrem 161/WS Kolonel Inf Augusto Moniz Lopes, Kasiren Korem 161/WS Kolonel Inf Salim, Kasdim 1604/Kupang Letkol Czi. Sunardi, ST, Danbrigif 21/Komodo Letkol Inf Andi Andrianto Wibowo, S.Sos., M.I.Pol, Pabung Kodim 1604/Kupang, Letkol Inf Parada Napitupulu, Dan Yonif 743 PSY Letkol Inf Andri Karsa, S. Sos., M. Han, Danyon Armed 20/BY Letkol Arm Karimmuddin Rangkuti, S.I.P, M.Han, Perwira Staf dan Danramil Jajaran Kodim 1604/Kupang, Kapolsek Kelapa Lima, AKP. Jimmy O. Noke, S.H, Camat Kelapa Lima Wayan Astawa, serts Lurah Oesapa Kiai Kia.

Dandim 1604/Kupang Kolonel Inf Wiwit Jalu Wibowo dalam amanatnya mengatakan kegiatan Karya Bakti yang dilaksanakan secara serentak di seluruh satuan jajaran TNI Angkatan Darat ini, merupakan tindak lanjut dari instruksi Kepala Staf Angkatan Darat, sebagai wujud nyata kepedulian TNI AD, Korem 161/Wira Sakti, guna mendukung Pemerintah Daerah dalam rangka pembersihan lingkungan dan reboisasi atau penanaman pohon kembali, sebagai upaya mengantisipasi dan mencegah terjadinya musibah banjir di wilayah dalam musim penghujan saat ini.

Lanjut Dandim, kegiatan ini juga merupakan aktualisasi dari salah satu Tugas Pokok TNI dalam pelaksanaan Tugas Operasi Militer Selain Perang, yang dapat terlaksana berkat adanya dukungan sinergitas yang tinggi antara Korem 161/Wira Sakti dengan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat di wilayah, sebagai wujud Kemanuggalan TNI dengan Rakyat, yang harus senantiasa dibangun dan ditingkatkan.

“Untuk itu, kepada seluruh komponen pemerintah dan masyarakat yang turut andil dalam kegiatan karya bakti ini, saya atas nama komando dan pribadi menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas segala dedikasi, partisipasi dalam sinergitasnya dalam mendukung kelancaran dan terlaksananya kegiatan karya bakti ini”, ucap Dandim.

Lebih lanjut disampaikan Dandim, musim penghujan merupakan saat yang dinanti sebagai berkat yang harus disyukuri bagi kehidupan manusia dan makluk lainnya, namun jika tidak diantisipasi dapat menyebabkan musibah bencana banjir dan munculnya berbagai wabah penyakit seperti diare dan demam berdarah, yang sudah sering dialami masyarakat Nusa Tenggara Timur termasuk di wilayah Kota Kupang.

Salah satu penyebab utama terjadinya bencana banjir dan wabah penyakit pada saat musim penghujan, adalah kurang adanya kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan.

“Secara umum masih banyak dimana-mana masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya, terutama menumpukan sampah di tempat aliran aliran air, kali dan sungai”, ungkapnya.

Tambah Kolonel Inf Wiwid Jalu Wibowo, kesadaran dan kepedulian menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan perlu senantiasa dibangun sejak dini di tengah kehidupan sosial masyarakat. Untuk itulah kegiatan karya bakti ini juga penting dilaksanakan, guna memotivasi adanya kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan di sekitarnya.

“Saya mengajak seluruh komponen masyarakat Nusa Tenggara Timur khususnya Kota Kupang, mari kita satukan komitmen untuk senantiasa menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan di sekitar kita, jadikan Kupang sebagai Kota Kasih yang Green and Clean”, tutup Dandim. ( Davit )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed